Jumat, 28 November 2014

Proposal Segmenteting, Targeting, dan Positioning

ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

Zaman sekarang khususnya anak muda sangat menyukai tempat-tempat yang unik dan klasik. Seperti café yang marak dijumpai orang dewasa dan remaja-remaja. Karena menurut mereka nongkrong di café itu sangat asyik dan dapat menghilangkan penat. Maka dari itu saya membuka sebuah café untuk tambahan penghasilan.

A.   PRODUK YANG DISEDIAKAN
Kami menyediakan beberapa macam makanan dan minuman. Minuman yang tersedia di café kami yaitu:
- Es Tissiu
- Es Spiritus
- Es Kasus
- Es Kolor Ijo
- Es Black Magic
- Coffee Latte,
- Cappucino
- Mochaccino
- Steak
- Beef sosis
- Pizza dan sebagainya.

Keunggulan dari café kami:
-       Anda tidak usah merogoh kocek dalam-dalam karena menu-menu kami disini sangat terjangkau.
-       Tata ruang yang kami desain sangat unik dengan gaya kuno yang berpadu sudut-sudut modern yang membuat anda betah berlama-lama di café tersebut.

B.   SEGMENTING PEMASARAN PRODUK
Pemilihan usaha yang strategis dengan acuan : 
a.       Banyak peminat
b.       Bisa dikunjungi kapanpun
c.       Tempat yang nyaman dan dekat dengan keramaian


C.  TARGETING PEMASARAN PRODUK
Dalam bisnis ini pasar yang dituju adalah untuk semua kaula muda sampai orang dewasa. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya para pecinta kopi. Penikmat atau penggemar kopi tidak mengenal batasan umur, oleh karena itu usaha Cafe ini cukup berpotensi untuk dijalankan.

D.    STRATEGI PEMASARAN
Dalam melancarkan usaha Café ini, saat grand opening dibutuhkan strategi pemasaran yang cukup bijak, salah satunya adalah dengan membuat promosi paket diskon untuk menu food & beverage nya selama bulan pertama grand opening dan di café saya ini saya juga menawarkan sesuatu yang berbeda dengan café lainnya yaitu bagi remaja yang menyukai komik serta novel saya juga menyediakan komik dan novel untuk dibaca sambil menunggu pesanan datang selain itu di café ini juga menyediakan fasilitas free wifi. Selain itu bisa juga membuat brosur-brosur yang akan disebarkan di daerah sekitar, ataupun lewat media masa untuk mempromosikan usaha tersebut.
Kami memberikan harga penawaran yang sangat murah yaitu:
- Es Tissiu                               : Rp 7.000
- Es Spiritus                             : Rp 7.000
- Es Kasus                               : Rp 7.000
- Es Kolor Ijo                           : Rp 7.000
- Es Black Magic                    : Rp 7.000
- Coffee Latte                          : Rp 11.000
- Cappucino                            : Rp 11.000
- Mochaccino                          : Rp 11.000
- Steak                                                : Rp 20.000
- Beef sosis                             : Rp 22.000
- Pizza                                     : Rp 35.000
Dan sebagainya.
           
Pemasukan selama 1 bulan adalah Rp 700.000 x 30            = Rp 21.000.000
Pengeluaran :
-       Gaji pegawai                     : Rp 1.500.000
-       Listrik                                 : Rp 2.500.000
-       Wifi                                    : Rp 500.000
Total pengeluaran per bulan : Rp 4.500.000
Keuntungan yang didapatkan perbulan Rp 16.500.000

E.     ANALISIS RISIKO USAHA
-       Ada produk yang basi
-       Adanya pesaing diluar sana

F.     POSITIONING
Positioning didefinisikan sebagai strategi untuk memenangi dan menguasai benak pelanggan melalui produk atau jasa yang anda tawarkan. Bisnis Café adalah bisnis yang sedang booming belakang ini. Dengan begini saya bisa meyakinkan para pengunjung untuk yakin dengan menu  atau pelayanan kami. 



-       http://dwipa2012.blogspot.com/2012/12/analisis-usaha-cafe.html







Tidak ada komentar:

Posting Komentar